Notebook

Fingerprint Reader

Rata-rata untuk kelas notebook menengah ke atas sudah disediakan fungso Fingerpront Reader ini di mana berfungsi sebagai salah satu alat sekuritas yang utamanya digunakan ketika logon . Hal ini sebagai pengganti dari yang biasanya hanya dengan menetikkan nama dan password saja.

PC Card

Kartu ekspensi yang biasanya digunakan pada notebook, sehingga notebook tersebut memiliki fungsi-fungsi baru, seperti WLAN, Bluetooth, Sound, dan lain-lainya. PC Card ini terbagi menjadi tiga jenis . Type I, Type II, dan Type III. Perbedaan bentuk di antaran ketiganya, hanya berbeda pada tingkat ketebalan tiap card. Type I yang memiliki ketebalan 3,3 mm biasanya digunakan sebagai kartu memory. Type II dengan ketebalan 5 mm biasanya digunakan untuk alat-alat yang berfungsi sebagai I/O, seperti modem, LAN, dan lain-lainya. Untuk Type III, dengan ketebalan 10,5 mm biasanya digunakan untuk alat seperti micro drive atau komponen lainya memiliki dimensi ketebalan yang lebih besar.

SO-DIMM

Kependekan dari Small Outline DIMM, merupakan versi lebih kecil dari DIMM standar yang biasanya digunakan pada computer notebook. SO-DIMM terbagi menjadi dua jenis. Pertama untuk jenis yang memiliki jumlah pin sebanyak 72 pin. Ia merupakan jumlah memory ber-interface 32-bit. Sedangkan, untuk jenis 144 pin adalah memory yang ber-interface 64-bit.

TFT LCD

Penggunaan teknologi thin-film transistor pada Liquid Crystal Display. Penggunaan layer ini juga termasuk bagian dari yang disebut active matrix LCD. Selain pada layar notebook, dapat ditemukan juga pada projector, monitor LCD, bahkan pada tahun 2004 juga menggantikan CRT pada televise.

Touchpad

Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada computer laptop. Fungsinya sebagai penggerak kursor pada monitor, melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut . dengan fungsi ini pula, touchpad ini digunakan sebagai pengganti mouse. Dari ukuran, biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda, tetapi biasanya tidak lebih dari 50 cm2. Perkembangan touchpad juga terus berlangsung, yang kini bukan hanya sebagai penggerak kursor, tapi juga memiliki fungsi untuk scroll maupun zooming suatu dokumen tertentu.

WXGA

Standar tampilan display dengan resolusi 1208x768 pixel. Berbeda dengan XGA (Extended Graphics Array) yang memiliki resolusi 1024x768 pixel, ia memiliki aspect ratio 4:3. sedangkan, Wide XGA akan menampilkan display dengan ratio 16:9 (wide screen). Penggunaan lebih cocok untuk wide screen presentasi ataupun menonton film format wide screen. Juga berguna saat mengerjakan spreadsheet, lagipula sangat sesuai dengan sudut pandang mata manusia.

0 komentar:


"Say No To Drug"