Motherboard


Motherboard merupakan salah satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau meletakan beberapa peralatan lain seperti: Processor, memory, kabel-kabel data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) sepeti: VGA Card, NIC (kartu jaringan) dan lain sebagainya.
Jenis-jenis Mainboard antara lain: Mulai dari kelas AT 486 , Pentium I, Pentium II, Pentium III hingga kelas Pentium 4.

Beberapa merek Mainboard antara lain: ECS, ASUS, AS Rack, dan lain sebagainya

Berikut sebagian komonen dari motherboard:
Chipset

Chips atau chipset merupkan potongan-potongan kecil silicon yang digunakan sebagai pondasi dari arsitektur intruksi-intruksi komputer, dalam bentuk kombinasi sirkuit elektronik yang berukuran mcro. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip didalamnya. Chipset pada motherboard mengontrol masukan dan keluaran (input dan output ) yang mendasar dari komputer. Chipset pada video card mengontrol rendering dari grafik 3D dan output dari gambar pada monitor Anda. CPU merupakan salah satu Chip yang sangat penting. Contoh chipset motherboard, yaitu RS780,P45, dan lain-lainya.

FSB (Front Side Bus)

Pada microprocessor, FSB menghubungkan processor dengan memori utama. Dan juga digunakan untuk mengomunikasikan antara processor dengan komponen lainya yang ada di motherboard.

HSF (Heat Sink Fan)

Sebuah komponen CPU yang dipakai untuk menyerap panas. Biasanya terbuat dari alulunium. Pemakaian fan sebagai penyerap suhu ini digunmakan untuk meningkatkan stabilitas kerja komputer.

IDE

Integrated Drive Electronics, sebuah tipe hardware interface yang berfungsi untuk menghubungkan harddisk, CDROM, dan drive tape pada sebuah PC.

IDE Controller

Salah satu fungsi yang dimiliki chipset pada motherboard, untuk mengatur komunikasi data pada harddisk, CDROM, dan sebagainya, serta me-menege-nya.

LGA775

Memiliki kepanjangan Land Grid Array, adalah jenis socket yang digunakan CPU khususnya Intel, dimana kini pin berada di socket, bukannya di processor lagi.

MicroATX

Salah satu istilah yang digunakan untuk jenis dimensi yang di akomodasi oleh motherboard, atau juga casing untuk menempatkan motherboard tersebut.

PATA/ATA

Parallel Advenced Technology Attachment, yakni sebuah implementasi komunikasi data secara parallel ATA dari disk drive dengan controller berbasis IDE, dengan lebar data sebesar 8-bit.

SATA (Serial ATA)

Suatu evolusi dari parallel ATA pada interface penyimpanan data yang menggunakan komunikasi serial, dan menghubungkan komunikasi serial, dan terhubung secara point-to-point sehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150 Mbps.


0 komentar:


"Say No To Drug"