Mata Bisa Menggerakan "Pointer"

Kini cacat fisik tidak lagi menghalangi seseorang untuk mengoperasikan komputer setelah ditemukan sebuah alat semacam penggerak Mouse yang di beri nama Ocular Mouse.

Alat ini ditemukan oleh Manuel Cardoso, seorang insinyur elektro. Ide pembuatanya datang ketika berkunjung kerumah sakit tempat istrinya bekerja.

Lulusan Universitas Federal Rio Janeiro tersebut melihat seorang penderita tetraplegia, yakni cacat tubuh mengakibatkan kelumpuhan pada kedua tangan dan kaki. Sang pasien yang dilihat Cardoso sama sekali tak bisa bergerak dan berbicara. Tapi dia hanya bisa menggerakan matanya.

Lalu timbul ide di benak Cardoso agar pasien-pasien lain dengan cacat sejenis bisa mengoperasikan komputer meski hanya dengan mata.

Sejak itu, Cardoso didukung Paulo Feitosa Foundation mengembangkan cita-citanya.

Konsep pun disusun untuk membuat sebuah Ocular Mouse. Arinya, mouse yang bisa digerakan dengan kekutan otot disekitar bola mata.

Alat tersebut mengubah gerakan mata dan kedipan menjadi gelombang elektronik.

Gerakan-gerakan mata diartikan sebagai gerakan pointer.

Kedipan sama artinya dengan klik pada mouse. Kedipan mata kiri sama dengan klik kiri pada mouse. Begitu pula, kedipan mata sebelah kanan diartikan sebagai klik kanan.

Cara kerja Ocular Mouse yakni melalui elektroda yang dihubungkan ke modul elektronik di komputer. Beberapa elektroda ditempelkan ke kepala dan sekitar mata pasien.

Kemudian, berfungsi menggerakan mouse dengan otot mata.

0 komentar:


"Say No To Drug"