ETIKA PERGAULAN


Kutipan Sejumlah Kiat Untuk Memperbanyak Sahabat / Teman



Kalau menciptakan musuh, mudah sekali.

Tapi di dalam pergaulan, kalau kita bisa membawa diri dengan baik, kita bisa memiliki banyak teman.

Secara tidak sengaja sering kita tidak sadar telah melakukan sejumlah kesalahan di dalam tata cara pergaulan.

Mula-mulanya kecil-kecil saja, akhirnya bertumpuk.

Akibatnya tidak satupun yang mau bertenab atau bersahabat sengan kita, menyedihkan sekali.


Para pembaca yang terhormat tidak usah "khawatir", ada beberapa tips yang mudah-mudahan dapat membantu untuk mendapatkan teman yang banyak,

diantaranya:


  1. kita tidak / jangan menyombongkan diri dengan lawan bicara dan membangga-banggakan kita sendiri atau keluarga. Lawan bicara akan "muak" dan bosan untuk mendengarkan.
  2. tidak perlu menyodorkan diri untuk memberi nasihat pada orang lain. Kita harus tahu batasan antara tolong menolong dan mencampuri urusan orang lain, jadi kita harus pandai-pandai membawa diri.
  3. kalau kita diminta bantuan dan kalau sekiranya kita mampu, kita harus membantu dan melakukannya, tidak ada salahnya. Siapa tahu kita juga suatu ketika butuh pertolongan orang lain.
  4. kita harus saling menghormati dalam berbicara dengan orang lain. Kita tidak boleh memborong pembicaraan, yang lawan bicara kita tidak diberi kesempatan untuk berbicara, jadi seolah-olah menguasai percakapan.

    "Ingat, kita juga harus menjadi pendengar yang baik."
  5. hindari sikap "sok tahu / sok pintar" misalnya dalam pembicaraan, kalau lawan bicara kita bicara dengan bahasa asing jangan kita segan-segan untuk bertanya, tidak perlu dikatakan bodoh.
  6. jangan suka berbohong.

    Sekali berbohong, selamanya teman tidak akan mempercayai lagi.
  7. kalau mendapat undangan, sebaiknya kita datang. Kita tidak usah mengadakan perhitungan. Ciptakan rasa memberi dan menerima. Sehingga hubungan saling erat terjalin.
  8. menutup rahasia.

    Kalau kita terlalu membuka rahasia, kita tidak dipercaya lagi.
  9. pandai-pandai menempatkan diri, kita melihat situasi dan kondisi, sengan siapa kita bincang-bincang. Jaga sopan santun. Bila kita berhadapan dengan orang lain yang jauh lebih tua, bersikaplah hormat.
  10. bersikaplah ramah dan rendah hati, lain dengan rendah diri. Jangan bersikap sombong, angkuh, mau menang sendiri. Hindari perkataan yang menyinggung perasaan yang menimbulkan sakit hati.

    Kita tidak ingin disakiti juga bukan ????..............
  11. jangan lupa menyunggingkan senyum, karena senyum sebagian dari ibadah

    "bukan begitu????"


0 komentar:


"Say No To Drug"