Kendalikan "HandPhone" Lewat Pikiran

Mengendalikan handphone (HP) lewat perintah suara mungkin sudah bukan hal yang baru lagi karena banyak HP yang sudah mengaplikasikan fitur ini.

Tapi bagaimana bila HP dapat memahami apa yang anda pikirakan?

Inilah yang berusaha dilakukan oleh sebuah perusahaan bernama NeuroSky Inc. yang mencoba membuat prototype sebuah sistem yang dapat "membaca" gelombang otak dan menggunkannya untuk mengendalikan HP.

Prototype yang dipamerkan dalam acara CTIA Wireless IT & Entertainment 2008, 10-12 September 2008 di Sans Fracisco itu baru mencapai tahap awal saja.

Namun kedepannya, perusahaan ini akan mengembagkan lagi kemampuan dari sistem ini.

Dalam demonstrasi tersebut ditunjukan bahwa sistem yang membaca gelombang alfa dan beta dari otak ini mapu ditampilkan pada layar HP dalam bentuk gambar yang berubah-ubah warnanya tergantung dari tingkat ketegangan otak.

Sistem tersebut juga sudah mampu mengerakan karakter dalam game pada ponsel tersebut ke lokasi yang diinginkan. Semakin tinggi konsentrasi pengguna, semakin cepat pula gerkan karakter dalam pada game tersebut.

Menurut sebuah berita yang dilansir TechOn, disebutkan, komponen yang menyusun detector gelomabang otak itu saat ini masih dalam bentuk terpisah-pisah.

Namun kedepannya NeuroSky Inc. berencana menggambungkan komponen-komponen ini menjadi satu dalam sebuah Chip.

0 komentar:


"Say No To Drug"